Bagaimana Berlabuh Berlabuh

Pastikan Anda telah menyediakan perlengkapan yang sesuai,pertama, pastikan Anda memiliki fasilitas berlabuh yang tepat, seperti tali yang cukup panjang dan telah ditetapkan di tempat yang sesuai dan lain-lain. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang alat berlabuh dibutuhkan, kami sarankan Anda dapat memghubungi dealer Anda, karena mereka lebih profesianal dalam masalah ini.

 

Ketika Anda mendekati dermaga, silakan memperlambat kecepatan kapal sehingga gelombang yang dihasilkan tidak mempengaruhi kapal lain dan orang di tepi pantai.

 

Ketika mendekati dermaga, pastikan tali tambatan telah mengikat di sisi kapal yang dekat kapal. Pastikan floating foam dan bola karet tergantung di tepi kapal dengan ketinggian yang sesuai.

 

Kapal mendekati dermaga dengan sudut 45 derajat, dan mengkonversi ke gear idle dan biarkan kapal mendekati dermaga dengan perlahan. Bila jarak dermaga dengan bagian depan kapal tinggal beberapa meter, putar roda kemudi ke arah berlawanan dengan dermaga, dengan ini bagian depan kapal akan beralih ke arah lepas pantai, dan buritan kapal akan berayun ke arah dermaga. Kemudian, putar roda kemudi ke arah dermaga dan tukarkan ke gigi mundur. Tukarkan ke gear idle setelah kapal berhenti.

 

Kondisi aliran air dan angin akan mempengaruhi kesulitan berlabuh. Jadi, Anda harus mengamati kondisi angin dan air dan saat mendekati dermaga. Kita akan bergerak berlawanan dengan arah angin saat angin kencang dan arus kuat, karena fenomena ini akan membantu memperlambat kapal dan memudahkan pengendalian kapal.

Bila angin kencang dan arus kuat

Ketika aliran angin dan arus lembut

Mendekati dermaga dengan cara berlawanan dengan arah angin dan arus ketika angin kencang dan arus kuat

Mendekati dermaga dengan cara ikuti arah angin dan arus ketika aliran angin dan arus lembut.

Mengikat Tali

Tali di bagian depan dan buritan kapal harus diikat di dermaga sehingga kapal dapat berhenti di dermaga dengan stabil, sehingga tali dan kapal dan pantai menyajikan sudut 45 derajat. Tali haruslah diikat dengan mempertimbangkan factor-faktor seperti air pasang dan surut.

 

Sebelum berlayar, pastikan Anda mengerti bagaimana menggunakan tali dan mengatur tali dengan kondisi yang dapat digunakan setiap saat.

Sebelum berlayar, pastikan Anda mengerti bagaimana menggunakan tali dan mengatur tali dengan kondisi yang dapat digunakan setiap saat.

Meninggalkan Dermaga

Pastikan ketika Anda memperhitungkan kondisi angin, arus, gelombang, pasang surut dan factor-faktor alam lainnya sebelum meninggalkan dermaga. Kebanyakan waktu Anda harus menggunakan kecepatan idle untuk meninggalkan dermaga. Pastikan Anda telah membukakan ikatan tali sebelum meninggalkan dermaga.

 

Apabila Anda ingin meninggalkan dermaga dari sisi kanan (sisi kanan dekat dengan pantai), tetapi tidak dapat mendorong bagian depan kapal untuk meninggalkan pantai, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

 

1. Putar roda kemudi ke kanan, biarkan kapal bergerak perlahan ke depan, bagian depan kapal bersentuhan dengan pantai dan buritan kapal akan berjauhan dengan pantai melalui sisi kiri.

2. Bila buritan kapal berayun ke sudut yang sesuai, memutar roda kemudi ke kiri dan mengubah gigi ke gigi mundur, kapal akan berjauhan dengan dermaga secara mundur.

3. Ulangi langkah-langkah di atas sehingga berhasil meninggalkan dermaga.

 

Ketika meninggalkan dermaga melalui sisi kiri (sisi kiri dekat dengan pantai), boleh mengendalikan roda kemudi dengan arah yang berlawanan.

Thailand

Taiwan

Afrika Selatan

Belanda

Malaysia

Berita

Copyright © Cadcam Marine Pty. Ltd. All Rights Reserved