Perhatian Sebelum Berlayar Mengisi Minyak

Pastikan bahan yang mungkin menyebabkan kebakaran seperti rokok telah dipadamkan sebelum mengisi minyak. Jika perlu mengisi minyak di atas laut, pastikan kapal telah berlabuh dulu.

● Matikan mesin dan semua peralatan listrik.

● Membuka penutup bahan bakar.

● Masukkan pistol minyak ke lubang tangki minyak, dalam proses isi minyak pastikan pistol minyak tidak bersentuhan dengan bagian logam lubang tangki minyak untuk menghindari percikan api.

● Saat minyak ditambah sekitar 10 liter, harap memperhatikan apakah ada terjadi kebocoran atau hidrokarbon, silakan berhenti mengisi minyak dan menyelesaikan masalah ini sebelum melanjutkan pengisian minyak.

● Jika bensin melimpah dari ventilasi tangki minyak, berarti tangki telah penuh dan harus berhenti mengisi minyak. Cara kapal berlabuh atau posisi kapal berhenti akan mempengaruhi kapasitas tangki minyak, jadi jumlah sebenarnya minyak yang diisi akan lebih kurang dari jumlah standar.

● Keluarkan pistol minyak, kencangkan penutup tangki minyak dan lap bensin yang tertumpah.

Teknik Dasar Berlayar

Kapal digerakkan dari belakang, oleh itu, bagian depan dan belakang kapal akan menuju ke arah yang berlawanan saat berputar. Sebagai contoh, ketika pusing ke kiri, bagian depan kapal akan bergerak ke kiri, sedangkan bagian belakang kapal akan bergerak ke kanan. Ini harus diberi perhatian terutama saat dekat dengan perahu lain.

Kapal tidak seperti mobil yang memiliki sistem rem, bila mau kapal dihentikan segera, boleh turunkan kecepatan kapal menjadi 10 km atau dibawahnya, kemudian kapal ganti ke gigi mundur, perlahan-lahan meningkatkan tenaga kuda, menggunakan kekuatan relatif dari pembalikan baling-baling kapal untuk menghentikan kapal.

 

Pengendalian kapal mundur tidak segesit dengan saat bergerak ke depan, oleh itu, putaran secara cepat adalah tidak dianjurkan saat mundur.

 

Bagi pengemudi baru, kami menyarankan setelah Anda meninggalkan dermaga, sering berlatih keterampilan dasar di tempat terbuka perahu perairan kontrol keamanan:

 

1. Membayangkan satu dermaga imajinasi dan berlatih meninggalkan dermaga

2. Latihan maju, mundur, dan berhenti.

3. Meningkatkan kecepatan bertahap, dan bergerak pada kecepatan penuh setelah menguasai teknik-teknik dasar perahu.

 

Selalu memberi perhatian terhadap sekeliling saat berlatih, seperti kapal atau orang di sekeliling. Selain itu, di dekat dermaga atau di perairan latihan lebih ramai, gunakan gigi netral untuk latihan.

Distribusi Penumpang dan Barang

Distribusi penumpang di atas perahu akan mempengaruhi kecepatan kapal. Penumpang di atas kapal harus menghindari mengubah posisi selama pelayaran, karena ini akan mempengaruhi postur kapal atas permukaan air dan kemiringan trim.

 

Karena distribusi staf kapal dan barang akan mempengaruhi posisi kapal di atas permukaan air,sehingga mempengaruhi berlayar, jadi harus memperhatikan ketika memuat kulkas, jangkar, toolbox, air, bensin dan barang lain-lain yang lebih berat.

 

Distribusi orang dan barang harus mendapat keseimbangan keseluruhan sehingga kapal memiliki kinerja terbaik di atas laut.

Cara distribusi yang salah

Cara distribusi yang salah

Cara distribusi yang tepat

Beban yang terlalu berat di bagian depan kapal menyebabkan kapal miring ke depan

Beban yang terlalu berat di buritan kapal menyebabkan kapal miring ke belakang

Kapal akan dalam performa terbaik kalau distribusi berat serata atas kapal

Worldwide

Vietnam

Thailand

Taiwan

Afrika Selatan

Belanda

Malaysia

Berita

Copyright © Cadcam Marine Pty. Ltd. All Rights Reserved